Percepat Aksi HAM, bagian hukum adakan rapat persiapan pelaporan HAM 2020

KLATEN – (01/07/2020) Dalam rangka kegiata kabupaten/kota peduli HAM 2020 sub bagian bantuan hukum da hak asasi manusia bagian hukum kabupaten katen mengadakan rapat dalam rangka percepatan pelaporan kegiatan aksi HAM 2020 di ruang rapat bagian hukum kabupaten Klaten.

Untuk percepatan pelaporan tersebut sub bagian bantuan hukum dan HAM mendorong dan mengkoordinasi OPD yang berkaitan dengan data HAM agar dapat mempertahankkan predikat “Kabupaten/Kota Peduli HAM, perolehan nilai tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang sudah mendapat kategori peduli HAM.  OPD terkait meliputi DPMPTSP, Dinas Pekerjaan Umum dan penataan ruang, kesbangpol, Dinas lingkungan hidup, Disnaker, Disdukcapil, Dissosp3akb, Disparbudpora, Dinas pendidikan Klaten, Disperwaskim dan Polres Klaten.

Sebelumnya Kabupate Klaten juga meraih predikat  “Kabupaten Peduli HAM” setelah tahun 2017 dan 2018 juga mendapatkan penghargaan yang sama dari Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM). 

Salah satu indikator dalam penerapan Aksi HAM  yaitu upaya pemenuhan pelayanan publik kepada masyarakat yang mengedepankan penerapan HAM pada setiap pelayanan di masing – masing OPD ( Organisasi Perangkat Daerah). Dari indikator tersebut Kabupaten Klaten memenuhi sebagai Kabupaten Peduli HAM. Indikator – indikator tersebut seperti : Hak atas pendidikan, hak atas kesehatan, hak atas lingkungan, hak atas pekerjaan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas perumahan.