Desiminasi HAM di ikuti siswa SMA

KLATEN –  (10/3/2020) Sebanyak 9 sekolah yaitu SMA N 1 jatinom, SMA N 1 Karanganom, SMA N 1 Wonosari, SMA N 1 Ceper, SMA N 1  Karangdowo, SMA N 1 Bayat, SMA N 1 Wedi, SMA N 1 Karangongko dan SMK N 4 Klaten.  Kegiatan tahunan dengan tema “pemahaman tentang hak azasi manusia kepada remaja” yang rutin di selenggarakan oleh bagian hukum setda klaten ini bertempat di Gedung Kartaraharja di Jl. Merapi No.19, Gayamprit, Klaten Selatan.

Materi yang diberikan beragam antara lain tentang Hak azasi manusia oleh asisten administrasi umum bapak Sri Winoto, SH. Kepolisian Resor Klaten Aiptu Prayoga tentang kenakalan remaja. anak yang berhadapan dengan hukum di sampaikan oleh bapak Hendra Bayu, SH dari Pengadilan Negeri Klaten.

Salah satu materi dari Pengadilan Negeri Klaten adalah tentang Anak yang berhadapan dengan Hukum (ABH) adalah anak yang berkonflik dengan hukum, anak yang menjadi korban tindak pidana, dan anak yang menjadi saksi tindak pidana. Berumur: Anak: >12 <18 tahun, meskipun pernah kawin, Anak korban dan Anak saksi <18 tahun – (psl 1 angka 3,4,5 dan PERMA No. 4 Tahun 2014). Bertujuan agar dapat terwujud peradilan yang benar-benar menjamin perlindungan kepentingan terbaik terhadap anak yang berhadapan dengan hukum yang secara komprehensif memberikan perlindungan khusus kepada anak yang berhadapan dengan hukum.

Para siswa yang mengikuti antusias dengan kegiatan tersebut menurut salah satu siswi munalifatul Fajartilah dari SMA N 1 karanganom kegiatan ini sangat bermanfaat menambah ilmu tentang HAM, pengadilan anak dan dapat mengakrabkan siswa antar sekolah lain juga.  “Kegiatan ini sangat mengedukasi sekali karena materi di sekolah tentang tentang HAM masih sangat kurang, dan kalau di sekolah hanya sedikit materi dan cukup mendasar”, kata guru pendamping SMA N 1 Karanganom.

 

 

 

penulis : -friskila desy h-